WASPADAI PEMBESARAN JANTUNG PADA TUBUH ANDA

Pembesaran jantung atau biasa disebut dengan kardiomegali adalah ketika diameter transversal siluet jantung lebih besar dari atau sama dengan 50% dari diameter transversal dada (peningkatan rasio kardiotoraks) pada proyeksi posterior-anterior dari radiografi dada. Hal ini berbeda dengan pembesaran garis kardiomediastinal. Kardiomegali biasanya merupakan manifestasi dari proses patologis lain dan menunjukkan beberapa bentuk kardiomiopati primer atau didapat. Kardiomegali dapat melibatkan pembesaran ventrikel kanan, ventrikel kiri, maupun kedua atrium.

Apa Yang Menyebabkan Kardiomegali?

Ada beberapa etiologi yang dikaitkan dengan perkembangan kardiomegali yang mengakibatkan kardiomiopati dilatasi atau hipertrofik seperti yang tercantum di bawah ini:

• Penyakit arteri koroner termasuk infark miokard dan iskemia (penyebab paling umum)
  • Penyakit jantung hipertensi
  • Penyakit jantung katup termasuk stenosis atau regurgitasi katup
  • Gangguan jantung kongenital termasuk defek septum atrium, defek septum ventrikel, paten ductus arteriosus, tetralogi Fallot, anomali Ebstein, dan koarktasio aorta
  • Penyakit paru-paru seperti hipertensi paru primer, COPD, dan emboli paru
  • Autoimun kardiomiopati
  • Hipotiroid dan hipertiroid
  • Aritmia seperti atrial fibrilasi
  • Familial kardiomiopati
  • Idiopatik kardiomiopati

Apa Saja Gejala Yang Anda Rasakan?

Anda dapat tidak merasakan gejala apapun saat mengalami kardiomegali atau pembesaran jantung. Namun, jika pembesaran ini mempengaruhi kemampuan memompa jantung maka gejala yang dapat Anda rasakan adalah sebagai berikut:

• Sesak Nafas
  • Kelelahan
  • Pusing
  • Retensi Cairan (Edema)
  • Irama Jantung Abnormal (aritmia)

Bagaimana Penanganan atau Pengobatan Kardiomegali?

Penatalaksanaan kardiomegali tergantung pada penyakit yang mendasarinya. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dr. Dono Antono, Sp.PD-KKV, FINASIM, FICA

1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK542296/?report=reader
  2. https://www.bhf.org.uk › files › publications › medical-information-sheets