PENANGANAN PASIEN COVID19 DALAM KARDIOLOGI INTERVENSI

Selama pandemic covid19, tenaga medis mengalami banyak masalah, seperti kurangnya sumber daya dan peralatan yang tidak tersedia serta resiko penularan infeksi bagi tenaga medis. Berikut adalah panduan penanganan pasien yang membutuhkan intervensi kardiologi dari President SCAI (Society for Cardiovascular Angiography and Intervention) :

PASIEN YANG SUDAH POSITIF COVID19

Pada Pasien STEMI dan NSTEMI dengan kondisi hemodinamik tidak stabil, pasien harus dibawa ke cath lab untuk angiografi maupun PCI Primer dengan perlindungan penyakit menular untuk seluruh tim medis yang ada di cath lab. Pasien yang sudah mendapatkan terapi fibrinolisis tetap harus dilakukan PCI jika klinis pasien mendukung. Untuk pasien NSTEMI yang dinyatakan stabil dapat dilakukan angiografi koroner ketika pasien sudah dalam masa yang tidak infeksius. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir paparan pada tim medis cath lab.

PASIEN SUSPECT COVID19

Ketika pasien datang dengan STEMI maka mereka harus ditangani dengan Primary PCI tanpa menunggu hasil tes yang keluar karena pada saat ini tidak ada tes yang sangat cepat untuk mendiagnosis Covid19. Ketika pasien datang dengan NSTEMI maka pasien dilakukan angiografi jika hasil tes negatif Covid19.

PASIEN CATH LAB ELEKTIF

Pada pasien pasien yang membutuhkan tindakan elektif disarankan isolasi di rumah terlebih dahulu dan tindakan dilakukan beberapa minggu ke depan dengan melihat situasi dari pandemi covid19.

Referensi

  1. http://www.scai.org/press/detail/evolving-pandemic-of-covid-19-interventional-cardi#.XnxZ4-ozbIU
  2. https://www.acc.org/latest-in-cardiology/articles/2020/03/18/15/07/poll-covid-19-and-interventional-cardiology

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.