GOWES SEPEDA DAN JANTUNG ANDA

Saat ini, olahraga bersepeda sangat digandrungi oleh masyarakat. Kita bisa melihat dimana-mana bahwa banyak sekali yang bersepeda apalagi di akhir minggu. Hal tersebut menunjukkan bahwa sudah banyak masyarakat Indonesia yang peduli terhadap kebugaran tubuh. Selain itu, banyak juga pekerja kantoran yang menggunakan sepeda untuk ke kantor untuk menghindari dan mengurangi penggunaan transportasi umum. Namun demikian, kita sering mendengar bahwa tiba tiba ada pasien terkena serangan jantung. Bagaimana mekanisme kejadian tersebut?Apakah gara-gara menggunakan masker? Yuu mari kita bahas bersama mengenai hal ini.

Saat kita berolahraga tubuh akan memproduksi adrenalin. Apabila kita berolahraga terlalu keras dan memaksakan maka tubuh akan mempunyai banyak adrenalin dan jantung kita akan mempunyai laju yang sangat cepat sehingga terjadi aritmia seperti atrial fibrilasi, bahkan bisa saja kita mengalai ventricular takikardi.

Apa saja gejala yang harus kita waspadai ketika berolahraga?

  1. Nyeri dada
  2. Sesak nafas
  3. Perasaan ingin pingsan atau merasa gelap secara tiba-tiba
  4. Jantung berdebar-debar
  5. Merasa sangat lelah

Jika Anda mengalami hal di atas ketika bersepeda, sebaiknya Anda berhenti terlebih dahulu

Apa yang harus dilakukan agar bersepeda tetap aman untuk jantung Anda?

  1. Cek tensi dahulu kalau sudah masuk kategori hipertensi jangan bersepeda
  2. Kemudian cek denyut nadi , apabila denyut nadi di atas 100 jangan bersepeda karena bisa tiba-tiba pingsan karena nadi terlalu cepat.
  3. Lihat kondisi gula darah
  4. Cek kesehatan mata

Jadi lakukan medical check up secara rutin ya sebelum berolahraga,. Selain itu, jangan lupa pemanasan. Dan ketika berolahraga jangan memaksakan diri ya.

Referensi

  1. https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/heart-and-vascular-blog/2016/august/6-dos-and-donts-when-you-have-a-heart-rhythm-problem#:~:text=%E2%80%9CWhen%20you%20exercise%2C%20your%20body,worse%20with%20too%20much%20adrenaline.%E2%80%9D
  2. https://www.youtube.com/watch?v=4xMysN9pD3Q&feature=youtu.be by David Property
  3. https://www.bikeradar.com/advice/fitness-and-training/bend-in-the-road-heart-health-warning-signs/

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.