EFUSI PERIKARDIUM

DEFINISI

Efusi perikardium adalah penumpukan cairan dalam ruang di antara perikardium, yaitu 2 lapis selaput tipis yang menyelubungi jantung. Efusi perikardial merupakan temuan umum dalam praktik klinik yang merupakan temuan insidental atau manifestasi klinis dari penyakit sistemik atau jantung. Spektrum efusi perikardial berkisar dari asimptomatik ringan efusi sampai pada tamponade jantung.

GEJALA

Tidak semua orang mengalami gejala bila terkena efusi perikardium. Adapun beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh beberapa pasien, yakni:

• Kesulitan bernafas (dyspnea)
  • Orthopnea : sesak nafas saat berbaring
  • Nyeri dada yang biasanya dirasakan di dada bagian kiri
  • Rasa penuh di dada

PENYEBAB

Efusi perikardium dapat terjadi sebagai akibat dari inflamasi dari perikardium (perikarditis) dalam respon terhadap suatu penyakit. Selain itu, efusi perikardium dapat pula disebabkan oleh:

• Inflamasi perikardium yang sebagai akibat dari operasi jantung
  • Gangguan  autoimun seperti artritis reumatoid, dan lupus
  • Metastasis dari kanker
  • Kemoterapi pasien kanker seperti doxorubisin dan siklofosfamid
  • Uremia
  • Infeksi virus, bakteri, maupun parasit
  • Hipotiroidisme
  • Obat-obatan seperti hidralazin pada pengobatan hipertensi, isoniazid pada pengobatan tuberkulosis, dan fenitoin pada pengobatan epilepsi.

TERAPI

Pada pasien yang asimptomatik, efusi perikardium tidak memerlukan pengobatan maupun terapi intervensi. Pasien kategori ini hanya membutuhkan pemeriksaan ekokardiogram berulang. Apabila pasien setelah di ekokardiografi menunjukkan efusi perikardium yang cukup parah maka dapat dilakukan perikardiosentesis.

REFERENSI

1. M. Imazio dan Y. Adler. Management of pericardial effusion. European Heart Journal (2013) 34, 1186–1197.
  2. Jordi S et al. Management of pericardial effusion. Journal of Heart; 2001; 86; p: 235-240
  3. Jaume et al. Diagnosis and management of pericardial effusion. World J Cardiol; 2011; 3(5); p: 135-143.
  4. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pericardial-effusion/symptoms-causes/syc-20353720