BAGAIMANA PERAWATAN LUKA PADA KAKI DIABETIK?

Kaki diabetes merupakan komplikasi klinis diabetes mellitus yang diakibatkan kelainan neuropati sensorik, motorik, maupun otonomik serta kelainan pada pembuluh darah.

Tatalaksana holistik kaki diabetes meliputi 6 aspek kontrol, yaitu:

1. Kontrol mekanik
  2. Mengistirahatkan kaki
  3. Menghindari tekanan pada daerah kaki yang luka (non weight bearing)
  4. Menggunakan bantal saat berbaring pada tumit kaki/ tonjolan tulang untuk mencegah lecet
  5. Memakai kasur anti dekubitus bila perlu
  6. Mobilisasi
  • Kontrol luka
  • Evakuasi jaringan nekrotik, dan pus yang adekuat perlu dilakukan secepat mungkin, jika perlu dapat dilakukan dengan tindakan operatif.
  • Pembalutan luka dengan dressing basah atau lembab.

Cara ini memiliki potensi untuk mengatasi beberapa faktor yang mempengaruhi penyembuhan luka. Hal ini membuat keseimbagan pada lingkungan luka agar tidak terlalu kering. Dressing  dapat membantu mengelola luka eksudat secara optimal.

• Debridemen

Debridemen dengan membuang jaringan yang mati, rusak, dan terinfeksi sehingga meningkatkan potensial kesembuhan pada jaringan yang sehat. Teknik debridemen yang dilakukan tergantung oleh tipe luka dan jaringan. Debridemen bedah ditujukan untuk luka nekrotik dan terinfeksi. Debridemen autolitik dimana jaringan dicairkan. Hal ini bisa dilakukan dengan lingkungan luka yang lembab. Teknik debridemen autolitik ini tidak dianjurkan pada ulkus karena tekanan yang terinfeksi. Teknik lainnya adalah debridemen mekanik yaitu dengan mengangkat jaringan yang tidak sehat menggunakan balutan. Teknik selanjutnya adalah debridemen enzimatik yaitu debridemen dengan menggunakan enzim topical seperti kolagen, fibrinolisin atau papain. Teknik yang terakhir yaitu debridemen dengan menggunakan Maggot atau larva yang dibesarkan di area yang steril. Larva memakan jaringan nekrotik dan mengeluarkan enzim antimikroba, yang membantu dalam proses penyembuhan luka.

• Nekrotomi
  • Amputasi
  • Kontrol infeksi (mikrobiologi)
  • Terapi antimikroba empiric pada saat awal bila belum ada hasil pemeriksaan kultur mikroorganisme dan resistensi
  • Luka yang superfisial: diberikan antibiotik untuk kuman gram positif. Luka lebih dalam diberikan antibiotik untuk kuman gram negatif ditambah golongan metronidazole bila ada kecurigaan infeksi bakteri anaerob.
  • Pada luka yang dalam, luas, disertai gejala infeksi sistemik yang memerlukan perawatan di rumah sakit: dapat diberikan antibiotik spectrum luas yang dapat mencakup kuman gram positif, gram negatif dan anaerob. Sehingga dapat digunakan 2 atau 3 golongan antibiotik.
  • Penggunaan antibiotik diobservasi seminggu kemudian dan diseusaikan dengan hasil kultur mikroorganisme.
  • Kontrol vaskular
  • Periksa Ankle Brachial Index (ABI), trans cutaneous oxygen transion, toe pressure, bahkan angiografi.
  • Pemeriksaan TcPO2: untuk menentukan daerah dengan oksigenasi yang masih cukup sehingga terapi revaskularisasi diharapkan masih memiliki manfaat
  • Tindakan PTA ( Percutaneous Transluminal Angioplasty )

Percutaneous Transluminal Angioplasty (PTA) merupakan tindakan invasif minimal yang dilakukan pada pasien dengan penyakit arteri perifer, dan merupakan prosedur standar untuk revaskularisasi aortoiliaka, femoropopliteal, dan arteri di bawah lutut

• Kontrol metabolik
  • Perencanaan nutrisi yang baik selama proses infeksi dan penyembuhan luka.
  • Regulasi glukosa darah yang adekuat
  • Pengendalian komorbiditas bila ada
  • Kontrol edukasi

Edukasi pada pasien dan keluarga mengenai kondisi luka kaki pasien saat ini, rencana diagnosis, penatalaksanaan/ terapi, penyulit yang mungkin timbul serta bagaimana prognosis selanjutnya.

1. Alwi I et al. 2017. Panduan Praktik Klinis Cetakan Ke Tiga. Jakarta: Interna Publishing.
  2. Kavitha et al. Choice of wound care in diabetic foot ulcer: A practical approach. World J Diabetes 2014 August 15; 5(4): 546-556.
  3. Chadwick et al. 2013. Best Practice Guidelines: Wound Management in Diabetic Foot Ulcers. Available from: www.woundsinternational.com

2 comments

1. Hello my friend! I want to say that this post
    is awesome, great written and include approximately all important infos.
    I’d like to see extra posts like this .

1. thank you