APAKAH BENAR OBAT DARAH TINGGI MENYEBABKAN SAKIT KANKER?

Isu yang merebak saat ini adalah obat-obatan darah tinggi dapat menyebabkan kanker. Apakah hal ini benar? Jadi, bukan semua obat darah tinggi yang menyebabkan kanker, namun demikian ada substansi dari beberapa obat darah tinggi yang berkemungkinan tinggi sebagai penyebab kanker. Substansi yang dimaksud tersebut adalah NDEA (N-nitroso-diethylamine) dan NDMA (N-nitrosodimethylamine). NDEA adalah zat yang terjadi secara alami pada makanan tertentu, air minum, polusi udara, dan proses industri, tetapi telah diklasifikasikan sebagai karsinogen manusia yang mungkin oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker.

NDMA adalah dialkylnitrosamine yang paling sederhana dan dikenal sebagai produk sampingan di berbagai industri — misalnya, pembuatan pestisida, ban karet, alkilamin, dan pewarna. NDMA adalah salah satu karsinogen hewan yang paling dikenal dan paling kuat yang diketahui dan telah terbukti menjadi karsinogen ampuh di semua spesies yang telah diteliti, baik sebagai dosis tunggal dan dengan paparan jangka panjang untuk jumlah yang lebih rendah. Meskipun tidak ada data in vivo yang tersedia untuk manusia, NDMA tampaknya dimetabolisme sama dalam jaringan manusia dan jaringan hewan pengerat. The International Agency for Research on Cancer (IARC) juga sudah mengklasifikasikan NDMA sebagai bahan yang memungkinkan mempunyai efek karsinogenik.

 

OBAT-OBATAN APA SAJA YANG MENGANDUNG NDMA ?

Obat-obatan yang mengandung NDMA U.S. Food and Drug Administration adalah valsartan. Namun demikian, di Indonesia sudah diteliti dan diterbitkan oleh BPOM bahwa tidak semua valsartan yang ditarik. Untuk obat-obatan seperti irbesartan dan losartan masih dapat digunakan menurut BPOM.

Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai obat-obatan hipertensi Anda.

 

Referensi

  1. https://www.fda.gov/Drugs/DrugSafety/ucm622717.htm?
  2. https://www.bmj.com/content/362/bmj.k3851
  3. https://www.youtube.com/watch?v=_Fvdz-hCiZY

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.