APAKAH ANDA SERING MERASA LELAH WALAU SUDAH BERISTIRAHAT?

Apakah anda sering merasa lelah terus menerus?apakah anda tetap lelah walau sudah beristirahat?apakah anda merasa lelah tanpa sebab yang jelas? Mungkin saja anda mengalami sindrom lelah kronik. Sindrom kelelahan kronis  adalah sindrom yang ditandai dengan kelelahan ekstrim yang berlangsung setidaknya selama enam bulan dan tidak dapat sepenuhnya dijelaskan oleh kondisi medis yang mendasarinya. Kondisi ini disebut juga dengan myalgic encephalomyelitis (ME).

Berikut adalah gejala yang akan anda rasakan jika mengalami sindrom ini:

• Penurunan kemampuan untuk melakukan aktivitas yang biasa dilakukan. Hal ini tidak membaik walaupun sudah cukup tidur dan istirahat.
  • Terjadinya post-exertional malaise (PEM). Hal ini meliputi kesulitan berpikir, sakit tenggorokan, sakit kepala, rasa pusing, atau kelelahan yang parah hanya dengan aktivitas yang biasa. Misalnya, setelah berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar harus tidur dahulu di mobil sebelum pulang ke rumah.
  • Masalah tidur dimana penderita sindrom ini tidak akan mengalami pengurangan rasa lelah walaupun sudah tidur. Ada juga penderita yang sulit untuk memulai tidur.

APA SAJA FAKTOR RISIKO SINDROM LELAH KRONIK?

• Usia 40 hingga 50 tahun.
  • Wanita biasanya mempunyai kemungkinan 2 kali lebih besar daripada pria.
  • Predisposisi genetic
  • Alergi
  • Faktor lingkungan

BAGAIMANA PENGOBATAN UNTUK SINDROM INI?

Tidak ada obat farmakologis untuk penyakit ini, tetapi berbagai obat digunakan untuk membantu meringankan dan mengelola gejalanya, terutama dalam kasus di mana ada penyebab medis tertentu menggunakan perawatan yang sesuai dengan masing-masing individu. Penggunaan NSAID seeperti ibuprofen dan naproxen dapat meringanka nyeri sendi, nyeri kepala dan demam pada penderita sindrom lelah kronik. Terkadang penderita juga menggunakan obat-obat antidepresan untuk memperbaiki kualitas tidur. Kortikosteroid dan terapi hormone tidak dianjurkan penggunaannya untuk terapi sindom lelah kronik.

1. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-fatigue-syndrome/symptoms-causes/syc-20360490
  2. https://www.cdc.gov/me-cfs/symptoms-diagnosis/index.html
  3. Castro-Marrero J, Sáez-Francàs N, Santillo D, Alegre J. Treatment and management of chronic fatigue syndrome/myalgic encephalomyelitis: all roads lead to Rome. Br J Pharmacol. 2017;174(5):345-369. doi:10.1111/bph.13702
  4. https://www.healthline.com/health/chronic-fatigue-syndrome#risk-factors