" KAKI BENGKAK » Dr. Dono Antono Sp PDKKV

«

»

Apr 29

KAKI BENGKAK

Pembengkakan kaki dapat terjadi di setiap bagian kaki anda baik pergelangan kaki, telapak kaki, betis dan paha anda. Pembengkakan kaki dapat terjadi karena penumpukan cairan (retensi cairan) atau dari peradangan pada jaringan atau sendi yang terluka atau sakit. Selain itu kaki bengkak biasanya disebabkan oleh suatu penyakit. Banyak penyakit yang dapat menyebabkan kaki anda bengkak yaitu karena peredaran darah perifer anda terganggu, dan adanya kegagalan organ dalam menjalankan fungsinya. Ketika berpikir tentang kaki bengkak, mungkin kita harus melihat terlebih dahulu bengkak pada satu kaki saja atau pada kedua kaki agar dapat diketahui penyebabnya.

 

PEMBENGKAKAN SATU KAKI

Pembengkakan pada satu kaki biasanya disebabkan oleh penyakit DVT (Deep Vein Thrombosis) yang merupakan gumpalan darah yang terdapat pada pembuluh darah vena. Triad Virchow yang dapat menunjukkan faktor yang berkontribusi dalam terbentuknya thrombus adalah stasis vena, cedera vaskular, dan hiperkoagulabilitas. Gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita penyakit ini adalah pembengkakan pada satu kaki, kaki yang bengkak teraba hangat dan kaki terasa nyeri. Penyakit ini didiagnosis dengan usg Doppler dan dapat diterapi dengan antikoagulan.

Selain penyakit DVT, penyakit superfisial thrombophlebitis dan thrombosis vena superfisialis dapat juga menyebabkan pembengkakan pada satu kaki. Dengan gumpalan  darah pada pembulh darah vena superfisial, pasien biasanya memiliki gejala rasa nyeri pada kaki yang bengkak, kemerahan, dan kadang kaki terasa keras seperti terbalut kabel. Diagnosis biasanya dilakukan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan. Penatalaksanaannya meliputi obat-obatan anti inflamasi, dan kompres hangat pada kaki yang bengkak.

Selain penyakit di atas beberapa penyakit lainnya yang dapat menyebabkan pembengkakan pada satu kaki adalah selulitis dan ruptur baker cyst. Selulitis merupakan infeksi bakteri pada kulit dan jaringan lunak yang terjadi ketika barrier pada kulit atau imunitas kita menurun. Selain itu, terdapat juga rupture baker cyst pada bagian popliteal atau lutut yang biasanya terjadi karena terdapat cedera lutut.

 

PEMBENGKAKAN KEDUA KAKI

Pembengkakan kedua kaki merupakan hal yang biasa terjadi pada beberapa orang. Tipe pembengkakan ini biasanya terjadi pada orang yang duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. Hal ini dapat disebabkan karena darah menyatu di pembuluh darah di kaki. Selain itu, obseitas juga dapat menyebabkan pembengkakan kedua kaki karena aliran darah vena tidak mengalir dengan efektif karena adanya beban berat di perut. Kehamilan juga dapat membuat pembengkakan pada kedua kaki karena terjadinya perubahan hormonal.

Penyakit yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kedua kaki diantaranya adalah sindrom cushing, gagal jantung kongestif, penyakit ginjal dan penyakit liver. Sindrom Cushing merupakan gangguan di mana kelenjar adrenal menghasilkan terlalu banyak hormon steroid. Penderita gagal jantung kongestif juga dapat mengalami pembengkakan pada kedua kaki dikarenakan jantung tidak dapat memompa darah secara adekuat. Selain itu, penyakit ginjal kronik dan penyakit liver dapat menyebabkan pembengkakan juga sehingga biasanya pada pasien yang datang ke dokter dnegan pembengkakan pada kedua kaki diminta untuk melakukan pemeriksaan darah dan urin.

 

Apabila anda mengalami pembengkakan pada kaki anda, segera untuk konsultasikan kepada dr. Dono Antono, Sp.PD-KKV, FINASIM, FICA.

 

 

Referensi :

  1. https://www.mayoclinic.org/symptoms/leg-swelling/basics/definition/sym-20050910
  2. Evans NS, Ratchford EV. The Swollen Leg. 2016. Journal of vascular medicine;21;6;p: 562-564.
  3. Stone et al. Deep vein thrombosis: pathogenesis, diagnosis, and medical management. 2017. Journal of Cardiovascular Diagnosis and Therapy, Vol 7, Suppl 3; p: s276-s284.
  4. Cranendonk DR et al. Cellulitis: current insights into pathophysiology and clinical management. 2017. The Netherlands Journal of Medicine; vol 75; 9; p: 366-378.

5. https://www.youtube.com/watch?v=dBPxKmgClHQ

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>