" BAGAIMANA HUBUNGAN DIABETES MELLITUS DENGAN PENYAKIT JANTUNG? » Dr. Dono Antono Sp PDKKV

«

»

Mar 24

BAGAIMANA HUBUNGAN DIABETES MELLITUS DENGAN PENYAKIT JANTUNG?

hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya. Hiperglikemia adalah suatu kondisi medik berupa peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Data statistic menurut American Heart Association menyatakan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara penyakit kardiovaskular dengan DM.

Setidaknya 68 % orang berusia 65 tahun atau lebih dengan diabetes meninggal karena beberapa bentuk penyakit jantung. Orang dewasa dengan DM dua hingga empat kali lebih mungkin meninggal akibat penyakit jantung daripada orang dewasa tanpa DM.

Perubahan metabolism glukosa jantung dan sistemik berkontribusi pada kelainan structural dan fungsional jantung yang berujung pada disfungsi jantung. Gangguan metabolisme glukosa jantung dan beralihnya glukosa menjadi oksidasi asam lemak bebas memiliki efek negative pada jantung yang cukup signifikan pada kontraktilitas dan fungsi jantung sehingga menginduksi disfungsi sistolik dan diastolic ventrikel kiri.

Pengobatan dilakukan dengan beberapa golongan obat. Obat golongan beta bloker dan ace inhibitor bermanfaat pada pasien ini dan penggunaannya terkait dengan penurunan angka kematian dan rawat inap. Obat-obatan untuk mengontrol gula darah juga diperlukan. Anda dapat berkonsultasi dengan saya melalui email maupun konsultasi langsung di rumah sakit sesuai dengan jadwal praktek saya.

https://www.youtube.com/watch?v=WHs2rWH95mE

Referensi:

  1. Perkumpulan Endokrinologi Indonesia. KONSENSUS PENGELOLAAN DAN PENCEGAHAN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI INDONESIA. 2015.
  2. https://www.heart.org/en/health-topics/diabetes/why-diabetes-matters/cardiovascular-disease–diabetes
  3. Rosano G, Vitale C, Seferovic R. Heart Failure in Patients with Diabetes Mellitus. Cardiac Failure Journal. 2017,p: 52-55.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>