«

»

Agu 20

BAGAIMANA DIET KETOGENIK TERHADAP KESEHATAN JANTUNG ANDA?

Diet ketogenik adalah diet yang sangat diminati masyarakat saat ini. Apa itu diet ketogenik? Diet ketogenik adalah diet dengan komposisi tinggi lemak, protein tingkat sedang, dan rendah karbohidrat yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan termasuk manajemen berat badan, peningkatan fungsi saraf, dan umur yang panjang.

ย 

Bagaimana menu harian yang tipikal dari diet ketogenik?

Berikut adalah contoh menu diet ketogenik yang sering digunakan:

  • Menu Sarapan pagi :

3 omelet telur dan alpukat

Keju mozzarella dan tomat

Dendeng ( 2 potong)

  • Makan Siang :

Daging sapi bundar (8 ons)

Bayam dan campuran salad dengan jamur, bawang bombay, seledri, dan keju parmesan

Air soda

  • Makan Malam :

Salmon panggang

Sayur kale dengan topping bawang putih, lemon, dan biji wijen

Air mineral

ย 

Diet ini mengandung lemak yang tinggi, bagaimana efeknya terhadap lemakย  dalam darah?

Berdasarkan penelitian berikut efek diet ketogenik terhadap serum lipid di dalam tubuh anda.

Pada tabel di bawah ini akan dibandingkan saat awal diet dan setelah 16 minggu melakukan diet ketogenik.

serum lipid

Menurut penelitian tersebut diet ketogenik dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Oleh sebab itu, diet ini baik untuk para penderita penyakit jantung yang mempunyai berat badan berlebih ataupun obesitas. Akan tetapi, selain melakukan diet akan lebih baik juga dibarengi dengan berolahraga. Selain itu, yang harus Anda perhatikan adalah diet ini harus dalam pengawasan dokter dan tidak boleh dilakukan dalam waktu yang lama karena dapat merugikan dan merusak tubuh bahkan hingga menyebabkan kematian. Pada pasien-pasien diabetes sebaiknya tidak melakukan diet ini dalam jangka waktu yang panjang karena dapat mengakibatkan terjadinya batu ginjal dan mempercepat pengeroposan tulang.

 

olahraga

Referensi

  1. Kephart M et al. 2017. The 1-Week and 8-Month Effects of a Ketogenic Diet or Ketone Salt Supplementation on Multi-Organ Markers of Oxidative Stress and Mitochondrial Function in Rats. Journal of nutrients, p: 1 -22.
  2. Ann P dan Frank C. The Ketogenic Diet: Healthy or Harmful? A Review In Light Of Its Renewed Popularity. Trinity Student Medical Journal; vol 2; p: 39-41
  3. Dashti et al. 2003. Ketogenic Diet Modifies the Risk Factors of Heart Disease in Obese Patients. Journal of Elsevier ; 19:901โ€“902.
  4. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317431.php

2 comments

  1. michael kors outlet online

    I would like to express my affection for your kindness for men and women that must have assistance with this important question. Your special commitment to passing the message all-around appears to be astonishingly significant and has frequently made some individuals much like me to arrive at their objectives. Your own important recommendations signifies much a person like me and much more to my colleagues. Best wishes; from everyone of us.

    1. Donoantono

      thank you ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>